SILABUS SKI

                                                                                                                        

 

 

 

 

 

 

 

 

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah           : ………………………..

Mata Pelajaran          : SKI

Kelas / Semester      : VII / I

 

Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

1.1.Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam

 

 

 

Sejarah kebudayaan Islam

 

 

 

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah

 

 

 

  • Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam
  • Menunjukan contoh kebudayaan Islam

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

 

2 X 40’

 

1. Buku SKI Depag

2. SKI Toha Putra

3. SKI Tiga Serangkai

4. Sejarah Hidup Muhammad

SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

 

 

1.2.Menjelaskan tujuan dan man-faat mempelajari sejarah kebuda-yaan Islam

 

 

Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Tanya jawab tentang tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
 

  • Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam

 

  • Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
 

Tes lisan

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

1.3.Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

 

     

 

 

Bentuk/wujud kebudayaan Islam

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

 

  • Berdiskusi tentang bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam

 

 

  • Menyebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam

 

 

  • Membandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

Penugasan

 

2 X 40’

 

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam

 

 

 

Standar Kompetensi          : 2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

2.1.Mendeskripsikan misi Nabi Muham-mad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat

 

 

Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Membuat peta konsep tentang misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

 

  • Learning start with question  tentang cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

 

  • Tanya jawab tentang  keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

 

 

  • Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

 

  • Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

 

  • Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

Tes lisan

 

4 X 40’

 

1. Buku SKI Depag

2. SKI Toha Putra

3. SKI Tiga Serangkai

4. Sejarah Hidup Muhammad

SAW

5. Ensiklopedi Islam

 

 

2.2.Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pem-bawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masya-rakat di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang

 

 

Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Tanya jawab tentang  hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

 

  • Learning start with question  tentang misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah

 

  • Berdiskusi tentang kemajuan masyarakat Islam di Mekkah di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang

 

 

  • Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
  • Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah
  • Menjelaskan keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang
 

Tes lisan

 

 

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

Penugasan

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad

SAW

  1. Ensiklopedi Islam

 

 

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

2.3.Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah     

 

  

 Kisah perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah     

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Menyusun cerita singkat  dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
  • Menyusun cerita singkat  dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
  • Berdiskusi tentang  keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya

 

 

  • Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
  • Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
  • Menjelaskan keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

6 X 40’

 

1.Buku SKI Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4.Sejarah Hidup Muhammad

SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

 

Standar Kompetensi  : 3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

3.1. Mendeskripsik-an sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

 

 

Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Mencermati cerita sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah

 

  • Membuat peta konsep tentang dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah

 

  • Berdiskusi tentang keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah

 

 

 

  • Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
  • Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah

 

  • Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

6 X 40’

 

1  Buku SKI Depag

2  SKI Toha Putra

3  SKI Tiga Serangkai

4  Sejarah Hidup Muhammad SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

3.2. Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
    • Berdiskusi tentang hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
    • Mencari keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang di majalah, koran, tv, internet, dll.
   
  • Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
  • Menjelaskan keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang

Penugasan

 

 

 

 

 

Tes tulis

4 X 40’

 

1.Buku SKI Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4.Sejarah Hidup Muhammad

SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

 

3.3.Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah  

Kisah teladan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
   

  • Mengidentifikasi keteladanan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah

 

 

 

 

  • Menjelaskan semangat perjuangan Nabi di Madinah
  • Menjelaskan semangat perjuangan para Sahabat di Madinah
  • Menunjukkan semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Penugasan

 

4 X 40’

                   

 

………….., ………………

               Mengetahui,                                                                                                                           Guru Mapel SKI

               Kepala Madrasah                                                                                                                                

  

 

 

               ___________________                                                                                                 ______________________

               NIP/NIK.                                                                                                                                 NIP/NIK.


 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah             : ………………………..

Mata Pelajaran            : SKI

Kelas/Semester          : VII/ II

 

Standar Kompetensi : 4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

4.1.Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin

 

 

 

Prestasi Khulafaurrasyidin

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Mencermati cerita presta-si Khulafaurrasyidin

 

  • Membuat peta konsep tentang prestasi Khulafaurrasyidin

 

  • Berdiskusi tentang pres-asi Khulafaurrasyidin yang menonjol

 

 

  • Menjelaskan berbagai prestasi yang dicapai Khulafaurrasyidin

 

  • Mengklasifikasi prestasi Khulafaurrasyidin

 

  • Menjelaskan prestasi Khulafaurrasyidin yang menonjol

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Penugasan

 

4 X 40’

 

1  Buku SKI Depag

2  SKI Toha Putra

3  SKI Tiga Serangkai

4  Sejarah Hidup Muhammad SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

 

4.2.Mengambil hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang

 

 

Hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
   

  • Tanya jawab tentang  hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin

 

  • Berdiskusi tentang keterkaitan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang
 

  • Menjelaskan hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin

 

  • Mengkaitkan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

Penugasan

 

4 X 40’

 

1.Buku SKI Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4.Sejarah Hidup Muhammad SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

 

 

4.3.Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

 

Kisah  kepemimpinan Khulafaurrasyidin

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
   

  • Menyaksikan VCD Khalifah Umar bin Khattab

 

  • Membuat peta konsep gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

 

  • Berdiskusi tentang gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

 

 

  • Menjelaskan gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

 

  • Mengidentifikasi gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

 

  • Mengklasifikasi gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

 

 

Tes lisan

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

Penugasan

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam

 

 

 

 

Standar Kompetensi             : 5. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penugasan

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

5.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah

 

 

Sejarah berdirinya daulah Amawiyah

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Membuat pertanyaan seputar 5 W (who, when, where, what, why dan 1H (how) tentang sejarah  berdirinya daulah Amawiyah

 

 

  • Menjelaskan proses berdirinya daulah Amawiyah

 

 

Penugasan

 

4 X 40’

 

 

 

1  Buku SKI Depag

2  SKI Toha Putra

3  SKI Tiga Serangkai

4 Sejarah Hidup Muhammad SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

 

 

5.2.Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah   

 

 

  

Perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Membuat peta konsep tentang  prestasi pada masa Bani Umaiyah

 

  • Berdiskusi tentang berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah
 

  • Menjelaskan berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah

 

  • Mengidentifikasi berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah

 

Penugasan

 

 

 

 

Penugasan

 

5.3.  Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

 

 

 

 

Ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Studi tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah
  • Tanya jawab peran tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

 

 

  • Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah
  • Menjelaskan peran tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Tes tulis

 

4 X 40’

 

1.Buku SKI Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4.Sejarah Hidup Muhammad SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

 

5.4. Mengambil ibrah dari perkemba-ngan kebudaya-an/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang

 

 

 

 

 

Ibrah yang dapat diambil dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Learning start with question tentang ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

 

  • Berdiskusi tentang keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang

 

 

  • Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

 

  • Menunjukkan keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

4 X 40’

 

1.Buku SKI Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4.Sejarah Hidup Muhammad SAW

5.Ensiklopedi Islam

 

 

5.5.Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

 

 

 

 

Kisah kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • 1-2)Membuat skenario drama tentang kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

 

  • Mendemontrsikan kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

 

 

 

  • Menjelaskan kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz ketika menjadi seorang khalifah

 

  • Menjelaskan keshalehan Umar bin Abdul Aziz dalam beribadah
  • Mengklasifikasi bentuk kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW

5.   Ensiklopedi Islam

 

 

 

………, ………………

               Mengetahui,                                                                                                                           Guru Mapel SKI

               Kepala Madrasah                                                                                                                                

  

 

 

               ___________________                                                                                                 ______________________

               NIP.                                                                                                                                         NIP.


 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah             : ………………………..

Mata Pelajaran            : SKI

Kelas/Semester          : VIII/ I

 

Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa  Bani Abbasiyah

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

1.1.  Menceritakan sejarah berdirinya  Bani Abbasiyah
  • Sejarah berdirinya   Bani Abbasiyah
  • Proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
  • Tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah
  • Faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
    • Membaca/menceritakan  materi sejarah  berdirinya  Bani Abbasiyah
    • Membaca proses    terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
    • Membuat peta konsep mengidentifikasi  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah
    • Tanya jawab tentang faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
    
  • Menjelaskan  sejarah berdirinya   Bani Abbasiyah
  • Menyebutkan proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
  • Menampilkan  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah       
  • Mengidentifikasi  faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah

TesTulis

 

 

 

TesTulis

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam
1.2.  Mendeskrip sikan perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
  • Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
  • Sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
  • Lahirnya tokoh  dari  perkem-bangan kebuda-yaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah    
  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
    • Membaca/ meceritakan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
    • Mengidentifkasi sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
    •    Learning start with question tentanglahirnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
     
  • Menjelaskan  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
  • Menunjukkan sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
  • Mengidentifikasi  munculnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada Bani Abbasiyah           

TesTulis

 

 

 

 

TesTulis

 

 

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam
1.3.  Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan dan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

 

  • Tokoh ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
  • Peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
  • Kemajuan ilmuwan muslim  masa Bani Abbasiyah
  • Kebudayaan/perada-ban Islam pada masa Bani Abbasiyah

    

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
    • Membuat peta konsep tokoh  tokoh ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
    • Simulasi tentang peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
    • Tanya jawab tentang kemajuan ilmuwan muslim  masa Bani Abbasiyah
    • Berdiskusi tentang kebudayaan /peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
   
  • Mengklasifikasi Tokoh  ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
  • Menunjukkan peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
  • Mengklasifikasi kemajuan ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
  • Mengidentifikasi kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

Penugasan

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam
1.4.  Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam pada  masa Bani Abbasiyah      untuk masa kini dan yang akan datang

 

 

  •  Ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini

 

  • Ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk  masa yang akan datang    

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
   

  • Membuat peta konsep tentang nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa  Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang  akan datang

 

  • Studi komperatif (membandingkan) tentang nilai positif dan negatif perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa  Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang  akan datang
 

  • Mengaitkan ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini

 

 

  • Menunjukkan  ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada  masa Bani Abbasiyah untuk masa yang akan datang        

    

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes lisan

 

4 X 40’

 

1. Buku SKI Depag

2. SKI Toha Putra

3. SKI Tiga Serangkai

4. Sejarah Hidup Muhammad SAW

5. Ensiklopedi Islam

 

1.5.  Meneladani ketekunan dan kegigihan perkembangan kebudayaan     /peradaban Islam Bani Abbasiyah

 

 

  • Meneladani ketekunan nilai nilai positif  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
  • Mengubah prilaku  nilai nilai negatif ke positif perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
  • Kegigihan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Berdiskusi tentang nilai nilai yang bisa diteladani dari   ketekunan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah

 

  • Membuat resum dari kegigihan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah sekarang

 

  • Memerankan nilai nilai  yang bisa diteladani dari ketekunan dan kegigihan para tokoh perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah dalam kehidupan sehari hari
 

  • Mengelompokkan nilai nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkem-bangan kebuda-yaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
  • Mengubah prilaku  nilai-nilai negatif ke nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkem-bangan kebudayaan-/peradaban Islam Bani Abbasiyah
  • Mendemonstrasikan kegigihan para tokoh perkembangan kebu-dayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah

 

TesTulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

2 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam

 

 

 

………, ………………

               Mengetahui,                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran

               Kepala Madrasah                                                                                                                                

  

 

 

               ___________________                                                                                                 ______________________

               NIP/NIK.                                                                                                                                 NIP/NIK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah             : ………………………..

Mata Pelajaran            : SKI

Kelas/Semester          : VIII/ II

 

Standar Kompetensi : 2. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa  Dinasti Al Ayyubiyah

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

2.1. Menceritakan sejarah berdirinya  Dinasti Al Ayyubiyah

 

  

  • Sejarah berdirinya   Dinasti Al Ayyubiyah
  • Proses terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
  • Tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
  • Faktor pendukungsejarah berdirinyaDinasti Al Ayyubiyah
 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Membacacerita materi sejarah  berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
  • Membaca proses    terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
  • Membuat peta konsep mengidentifikasi  tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
  • Membuat peta konsep mengklasifikasi  faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah

 

 

  • Menjelaskan  sejarah berdirinya   Dinasti Al Ayyubiyah
  • Menjelaskan proses terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
  • Menampilkan  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
  • Mengumpulkan\ mengidentifikasi   faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah           

    

 

TesTulis

 

 

 

TesTulis

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Karya

 

 

 

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam
 

2.2. Mendeskripsik-an perkemba      -ngan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

 

 

  • Berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Sebab-sebab berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Munculnya tokoh akibat dari sebab berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

    

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Menjelaskan berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Mengidentifkasi sebab-sebab berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Learning start with munculnya tokoh akibat dari sebab berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

 

 

  • Menerangkan  berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Menampilkan sebab-sebab  berkembangnya kebudayaan/perada-ban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Mengidentifikasi  munculnya tokoh akibat dari sebab berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada Dinasti Al Ayyubiyah

    

 

TesTulis

 

 

 

 

 

TesTulis

 

 

 

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam
 

2.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan dan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

 

 

  • Tokoh ilmuwan muslim masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Kemajuan ilmuwan muslim  masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

    

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Membuat peta konsep tokoh ilmuwan muslim masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Membuat peta konsep peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Membuat portofolio kemajuan ilmuwan muslim  masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Berdiskusi tentang kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
 

  • Mengklasifikasi Tokoh  ilmuwan muslim masa Dinasti Al Ayyubiyah 
  • Menjelaskan  peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Menunjukkan kemajuan ilmuwan muslim  masa Dinasti Al Ayyubiyah
  • Mencontoh  kebudayaan /peradaban Islam pada masa Dinasti AlAyyubiyah    

 

Penugasan

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam
 

2.4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam pada  masa Dinasti Al Ayyubiyah      untuk masa kini dan yang akan datang

 

 

 

  • Ibrah nilai nilai positif dan nigatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa kini
  • Ibrah nilai nilai positif dan nigatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk  masa yang akan datang

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Menghubungkan nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa  Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa kini dan yang  akan datang

 

  • Studi komperatif tentang  nilai positif dan negatif perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa  Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa kini dan yang  akan datang

 

 

  • Menela’ah ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa kini

 

  • Mengklasifikasi ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada  masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa yang akan datang

       

 

Karya

 

 

 

 

 

 

 

 

Karya

Tes lisan

 

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam
 

2.5. Meneladani Sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi

 

 

  • Nilai nilai positif yang bisa diteladani dari sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi 
  • Nilai nilai negatif ke nilai nilai positif yang bisa diteladani dari sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi
  • Keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi        

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Menemukan  materi  tentang nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi
  • Membuat resum nilai nilai negatif ke nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi
  • Mendemonstrasikan keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi        

 

 

  • Mengkatagorikan/mengelompokkan nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi   
  • Mengubah prilaku  nilai-nilai negatif ke nilai nilai positif yang bisa diteladani dari sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi          
  • Mendemonstrasikan sikap para tokoh keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi 

 

 

TesTulis

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI Depag
  2. SKI Toha Putra
  3. SKI Tiga Serangkai
  4. Sejarah Hidup Muhammad SAW
  5. Ensiklopedi Islam

 

………, ………………

               Mengetahui,                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran

               Kepala Madrasah                                                                                                                                

  

 

 

               ___________________                                                                                                 ______________________

               NIP/NIK.                                                                                                                                 NIP/NIK.

 


 

 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah             : ………………………..

Mata Pelajaran            : SKI

Kelas/Semester          : IX/ 1

 

Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran

 

 

 

 

 

  • Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan

 

  • Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial

 

  • Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Tanya jawab  tentang  sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan

 

  • Membuat peta konsep sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial

 

  • Mendiskusikan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran

 

 

  • Mengidentifikasi sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan       

 

  • Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial  

 

  • Mengidentifikasikan sejarah masuknya Islam di Nusantara  pengajaran

 

 

TesTulis

 

 

 

 

Karya

 

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI

Depag

  1. SKI Toha Putra
  2. SKI Tiga Serangkai
  3. Ensiklopedia islam
 

1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa Sumatra dan Sulawesi

 

 

 

  • Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa

 

  • Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra

 

  • Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Mencermati cerita sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa

 

  • Membuat peta konsep tentang sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra dan Sulawesi

 

  • Berdiskusi tentang sejarah beberapa kerajaan Islam di sumatra dan Sulawesi

 

 

  • Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa  

         

  • Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra

 

  • Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam Sulawesi 

 

 

TesTulis

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

 

4 X 40’

 

  1. Buku SKI

Depag

  1. SKI Toha Putra
  2. SKI Tiga Serangkai
  3. Ensiklopedia Islam
 

1.3.Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

 

  • Para Tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

  • Peran para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Mendiskusikan para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

  • Menunjukkan peran para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia
 

  • Mengklasifikasi tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia       

 

  • Menunjukkan peran para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

 

4 X 40’

 

1. Buku SKI

Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4.Ensiklopedia Islam 

 

 

1.4.Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

  • Semangat para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

  • Kisah keladanan para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Menganalisa keteladanan para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

  • Mengidentifikasi keteladanan semangat para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

 

  • Menelaah keteladanan para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

  • Mengklasifikasi keteladanan semangat para  tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

        

 

TesTulis

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

4 X 40’

 

1.Buku SKI

Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4.Ensiklopedia Islam 

 

 

 

………, ………………

               Mengetahui,                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran

               Kepala Madrasah                                                                                                                                

  

 

 

               ___________________                                                                                                 ______________________

               NIP/NIK.                                                                                                                                 NIP/NIK.


 

 

 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah             : ………………………..

Mata Pelajaran            : SKI

Kelas/Semester          : IX / II

 

Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

 

2.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam

 

 

  • Seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam

 

  • Perbedaan  seni budaya lokal dari  tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam

 

 

 

 

 

 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Mengidentifikasi seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam

 

  • Berdiskusi tentang seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam
 

  • Menjelaskan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam 

 

  • Mengidentifikasi seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

4 X 40’

 

1. Buku SKI

Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4. Sejarah Indonesia

5.Ensiklopedia Islam 

 

 

2.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara

 

  • Apresiasi tradisi kesukuan Nusantara

 

  • Apresiasi upacara adat kesukuan Nusantara
 

  • Religius
  • Jujur
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Komunikatif
  • Tanggung jawab
 

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
 

  • Mencari contoh tradisi kesukuan Nusantra

 

  • Mengidentifikasi upacara adat kesukuan Nusantara
 

  • Menunjukkan contoh tradisi kesukuan Nusantra

 

  • Mengklasifikasi upacara adat kesukuan Nusantara

 

 

TesTulis

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

4 X 40’

 

1.Buku SKI

Depag

2.SKI Toha Putra

3.SKI Tiga Serangkai

4. Sejarah Indonesia

5.Ensiklopedia Islam 

 

 

 

 

………, ………………

               Mengetahui,                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran

               Kepala Madrasah                                                                                                                                

  

 

 

               ___________________                                                                                                 ______________________

               NIP/NIK.                                                                                                                                 NIP/NIK.

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s