Istilah-istilah Dasar pada Hardware

Istilah-istilah Dasar Pada Hardware

 
Motherboard/Mainboard/MOBO
Adalah landasan utama sebagai tempat meletakkan semua perangkat yang berfungsi untuk memanage semua peralatan yang terpasang pada komputer, baik peralatan proses, Input, Output, dan Storage. Komponen-komponen motherboard dapat sebagai berikut :
 
 
Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor Anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard, misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.
 
 
FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Dan juga digunakan untuk mengomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.
 
 
HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.
 
 
IDE (Integrated Drive Electronics)
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data dari harddisk, CDROM, dan sebagainya, serta me-management-nya.
 
 
LGA775
Memiliki kepanjangan Land Grind Array, adalah jenis socket yang digunakan CPU khususnya Intel, di mana kini pin berada di socket, bukannya di processor lagi. Sedia angka 775 menunjukkan banyaknya kaki-kaki pin processor.
 
 
MicroATX
Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard, atau juga casing untuk menempatkan motherboard tersebut.
 
Northbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah southbrigde.
 
 
PATA/ATA
Parallel Advanced Technology Attachment, yakni sebuah implementasi komunikasi data secara pararel dari disk drive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data sebesar 8-bit.
 
 
SATA (Serial ATA)
Suatu evolusi dari Parallel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui single kabel, dan terhubung secara point-to-point, sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.
 
 
PEMBAGIAN TIPE HARDWARE :
 
Hardware pada umumnya terbagi menjadi beberapa jenis seperti peralatan proses, input, output, storage(media penyimpanan), Networking. Berikut ini adalah beberapa istilah hardware dan pengertian ataupun juga fungsinya :
 
 
1. Peralatan Proses
 
– CPU (Prosesor)
Central Processing Unit. Unit pemroses utama dalam istilah teknik disebut mikroprosesor, sedang dalam pengertian umum adalah mesin komputer yaitu casing beserta semua isi di dalamnya. Pusat pengolahan masukan sehingga menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb.
 
 
– Cache Memory
Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasamadengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU danmemori utama yang lamban.
 
 
2. Peralatan Input
 
– Keyboard
Papan kunci, papan ketik.
– Touchpad
Alat input yang biasanya digunakan pada komputer laptop. Fungsinya sebagai penggerak kursor pada monitor, melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut. Dengan itu, ia merupakan pengganti mouse.
– Fingerprint Reader
Rata-rata, untuk kelas notebook menengah atas sudah disediakan fungsi Fingerprint Reader ini. Di mana berfungsi sebagai salah satu sekuritas yang utamanya digunakan ketika logon. Hal ini sebagai pengganti dari yang biasanya hanya dengan mengetikkan nama dan password saja.
 
 
3. Peralatan Output
 
– MPEG Card
Kependekan dari Motion Picture Expert Group. Yaitu card yang melengkapi CD-ROM agar mampu menampilkan full motion video secara mulus, satu full motion video harus dijalankan pada kecepatan 30 frame per detik (fps). Dengan memasang MPEG card dan CD-ROM drive di PC, kita boleh menonton film CD maupun berkaraoke di PC.
 
 
– Impact Printer
Jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme yang menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas.
 
 
– Ink-jet Printer
Printer semburan/nonketuk yang menyempurnakan titisan dakwat kecil pada kertas.
 
 
– Daisy-wheel Printer
Printer yang menggunakan elemen logam atau plastik berbentuk seperti roda atau bunga aster (daisy) dengan tonjolan karakter di setiap ujung jari-jarinya. Cara kerjanya dengan mengetukkkan logam berhuruf timbul ke pita yang menyentuh kertas di bawahnya seperti mesin ketok.
 
 
4. Storage (Media Penyimpanan)
 
Media Penyimpanan terbagi menjadi penyimpanan sementara dan bukan sementara. Beberapa contoh storage :
 
– RAM
Random Access Memory, memori yang dapat dibaca dan ditulis. Informasi akan hilang jika komputer mati.
 
 
– DRAM (Dynamic RAM)
Bentuk RAM (Random Access Memory) semikonduktor yang dapat dibaca dan ditulis oleh prosesor atau piranti lainnya. Lokasi penyimpanan data pada rangkaian terpadu (chip) yang mengandung kapasitor dengan kapasiti lebih besar.
 
 
– Hard disk
Media penyimpan data berkapasitas besar.
 
 
– CD-ROM
CD-Read Only Memory media penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 MB) yang memakai laser optik untuk membaca data.
 
 
– CD ROM/ Compact Disc-Read Only Memory
Bentuk penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 megabyte) dan penggunaan laser optic, bukan magnetik, untuk membaca data.
 
 
5. Peralatan Networking
 
– Modem
Singkatan dari modulator/demodulator; alat komunikasi yang memungkinkan komputer mengirimkan informasi melalui saluran telepon piawaian.
 
 
– LAN Card
Sebuah periperal komputer yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
 
 
– Router
Alat perantara pada jaringan komunikasi yang melancarkan pengiriman pesan.
 
 
– UTP
UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan sepasangkabel yang dililit satu sama lain dengan tujuanmengurangi interferensi listrik yang terdapat dari dua, empat atau lebih pasang (umumnya yang dipakaidalam jaringan adalah 4 pasang/8 kabel) denganmetode pengawatan
 
 
 Repeater
Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s