DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20… /20…
Kelas : Tujuh (VII)
Semester : 1 ( Satu )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
1.1. Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.2. Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.1. Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.3. Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3.1. Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.3. Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………, ……………, 20…….
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20… /20…
Kelas : Tujuh (VII)
Semester : 2 ( Dua )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Januari |
Februari |
Maret |
April |
Mei |
juni |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
4.1. Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
4.2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
4.3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
5. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
5.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
5.2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
5.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
5.4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.5. Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar bin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………, ……………, 20…….
Kepala MTs Guru Mapel SKI
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20… /20…
Kelas : VIII
Semester : 1 ( Satu )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
1.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.5. Meneladani Ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………, ……………, 20…….
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20… /20…
Kelas : VIII
Semester : 2 ( Dua )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Januari |
Februari |
Maret |
April |
Mei |
juni |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2.1. Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.5. Meneladani sikap keperwiraan shalahuddin Al Ayyubi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………, ……………, 20…….
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20… /20…
Kelas : IX
Semester : 1 ( Satu )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
1.1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.2. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.3. Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.4. Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………, ……………, 20…….
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20… /20…
Kelas : IX
Semester : 2 ( Dua )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Januari |
Februari |
Maret |
April |
Mei |
juni |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
2. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………, ……………, 20…….
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.